Storybeauty.id – Di balik setiap cerita perempuan yang berdaya, dampak positif tidak hanya dirasakan oleh satu individu, tetapi juga komunitas di sekitar mereka secara keseluruhan.
Shopee mengangkat kisah bagaimana Ina Wiyandini, Pemilik Ina Cookies bertahan di tengah persaingan industri makanan lokal dan berhasil menciptakan dampak lebih luas bagi komunitas sekitarnya.
Dengan inovasi dan semangat kewirausahaan, Ina menjadi salah satu sosok inspiratif yang membuktikan bahwa perempuan memiliki peran besar dalam membuka lapangan pekerjaan, menginspirasi generasi selanjutnya dan menggerakkan ekonomi daerah sekitarnya, khususnya melalui Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).
Dedikasi Ina Wiyandini dalam membangun bisnis UMKM kue kering asal Bandung, menggambarkan bagaimana perempuan dapat tumbuh dan membawa perubahan.

Tidak ada usaha yang instan, perjalanan lebih dari 33 tahun Ina Cookies untuk bertahan menjadi kisah manis tentang bagaimana perempuan dapat bangkit dan berinovasi. Ina juga kerap beradaptasi dengan kemajuan teknologi dan melebarkan jangkauan penjualan online bersama Shopee.
“Percaya pada takdir dan cerita Sang Maha Kuasa adalah hal terbaik. Kepahitan yang saya alami saat berjualan jahe gajah kala itu justru kini menjadi alasan terbesar untuk bersyukur,” kata Ina Wiyandini, Pemilik Ina Cookies.
Pada tahun 1992, dijelaskan Ina, bisnis kue kering masih jarang, padahal permintaan menjelang hari raya sangat tinggi. “Saya mencoba berani meminjam modal dari kakak ipar, belajar membuat lima jenis kue kering, dan memulai segalanya dari nol,” sambung dia.
Dari nastar hingga putri salju, Ina merintis bisnis kecil-kecilan, menjual secara door-to-door, baik ke saudara maupun tetangga, dan memproduksi kue dari dapur rumah dengan peralatan seadanya.
Dari situlah, mulai perlahan-lahan belajar mengenai strategi pemasaran yang efektif dan cara mempertahankan bisnis di berbagai gempuran zaman. “Terutama masuk ke era digitalisasi pemasaran online dan Shopee menjadi platform utama kami,” Ina memungkasi.